2
Mar
2024
0

Sumber Mineral Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan sumber mineral yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa mineral yang dapat ditemukan dalam ikan sarden meliputi:

  1. Kalsium: Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Ikan sarden yang dimakan dengan tulang dapat menyediakan asupan kalsium yang baik.
  2. Fosfor: Fosfor berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, serta penting untuk fungsi sel dan energi dalam tubuh. Ikan sarden mengandung fosfor yang cukup tinggi.
  3. Zat Besi: Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin dalam darah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Ikan sarden merupakan sumber zat besi yang baik.
  4. Magnesium: Magnesium membantu fungsi otot dan sistem saraf, serta berperan dalam kesehatan tulang. Ikan sarden juga mengandung magnesium.
  5. Kalium: Kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah dalam tubuh. Ikan sarden dapat menyumbangkan kalium.
  6. Selenium: Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Ikan sarden mengandung selenium dalam jumlah yang cukup.
  7. Iodin penting untuk produksi hormon tiroid, yang mengatur metabolisme. Ikan sarden yang hidup di lingkungan laut sering mengandung iodin yang membantu mencegah gangguan tiroid.
  8. Zink (Seng) berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, penyembuhan luka, sintesis DNA, dan pembelahan sel. Sarden adalah sumber zink yang baik, yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.
  9. Fluorida mendukung kesehatan gigi dengan membantu mencegah kerusakan gigi. Sarden yang hidup di air asin mengandung fluorida alami.

Dengan mengonsumsi ikan sarden secara teratur, Anda dapat memperoleh manfaat mineral-mineral ini untuk mendukung kesehatan tulang, sistem kardiovaskular, dan fungsi umum tubuh.

You may also like

Nilai ekonomis Ikan julung-julung
Manfaat Flourida pada ikan sarden bagi kesehatan
Manfaat Zink (Seng) pada ikan sarden
Manfaat iodin pada ikan sarden

1 Response

  1. Pingback : Ikan sarden

Leave a Reply