Berikut adalah beberapa jenis ikan pari :

  1. Pari Tupai (Dasyatis kuhlii): Pari tupai memiliki tubuh yang pipih dan lebar dengan warna abu-abu kecoklatan di bagian atasnya dan putih di bagian bawahnya. Mereka biasanya ditemukan di perairan dangkal dan sering kali bersembunyi di dasar laut.
  2. Pari Manta (Manta spp.): Pari manta adalah salah satu spesies pari terbesar di dunia dengan sirip dada yang sangat lebar dan panjang. Mereka sering ditemukan di perairan tropis dan subtropis dan memiliki keunikan dalam pola warna dan perilaku mereka.
  3. Pari Yaman (Aetobatus flagellum): Pari yaman memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan pesawat terbang, dengan ekor yang memanjang seperti cambuk. Mereka sering ditemukan di perairan hangat di sekitar kepulauan Pasifik dan Hindia.
  4. Pari Hiu (Rhynchobatus spp.): Pari hiu memiliki tubuh yang besar dan pipih dengan moncong yang panjang dan pipih. Mereka biasanya ditemukan di perairan laut dangkal di sekitar terumbu karang dan merupakan bagian penting dari ekosistem laut.
  5. Pari Tawar (Potamotrygonidae): Pari tawar, juga dikenal sebagai stingrays air tawar, adalah spesies pari yang hidup di perairan tawar seperti sungai, danau, dan rawa-rawa. Mereka memiliki adaptasi khusus untuk hidup di lingkungan air tawar.

Setiap jenis ikan pari memiliki karakteristik uniknya sendiri dan memberikan kontribusi yang berharga bagi keberagaman hayati di dalam ekosistem laut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *