Ikan pari tupai, juga dikenal sebagai dasyat atau stingray tupai, adalah salah satu jenis ikan pari yang umum ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang ikan pari tupai:

Ikan pari tupai memiliki tubuh yang pipih dan lebar, dengan sirip dada yang menyerupai sayap. Bentuk tubuh mereka memungkinkan mereka untuk bersembunyi di dasar laut dan berenang dengan gesit di antara terumbu karang.

Warna dan pola ikan pari tupai bervariasi tergantung pada spesiesnya, tetapi umumnya mereka memiliki kombinasi warna coklat, abu-abu, dan putih yang membantu mereka menyamar di lingkungan mereka.

Ikan pari tupai biasanya ditemukan di perairan dangkal di sekitar terumbu karang, laguna, dan estuari. Mereka juga dapat ditemukan di dasar laut di kedalaman yang lebih dalam.

Ikan pari tupai adalah pemangsa yang rakus, memakan berbagai jenis hewan kecil seperti ikan, moluska, dan krustasea. Mereka menggunakan indra penciuman dan elektroreseptor mereka untuk mendeteksi mangsa di sekitar mereka.

Siklus hidup ikan pari tupai melibatkan reproduksi melalui telur yang diletakkan di dasar laut. Anak-anak ikan pari tupai disebut “pups” dan mereka biasanya lahir dengan tubuh yang sempurna untuk melindungi diri mereka dari predator.

Ikan pari tupai sangat penting bagi ekosistem laut yang kaya dan menyediakan kontribusi yang berharga dalam menjaga keseimbangan lingkungan laut.

Meskipun terkadang dianggap berbahaya karena cedera yang dapat disebabkan oleh duri ekornya, ikan pari tupai memiliki peran yang penting dalam ekologi laut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *