Zona epipelagik adalah bagian dari lapisan permukaan laut yang merupakan zona teratas dari lautan, yang terletak di antara permukaan air laut dan kedalaman sekitar 200 meter. Di zona ini, cahaya matahari masih mencapai kedalaman yang cukup untuk mendukung proses fotosintesis oleh fitoplankton dan alga yang mengapung.

Zona epipelagik dikenal sebagai habitat zona terbuka di lautan, di mana terjadi sebagian besar kegiatan biologis. Di sini, terdapat berbagai jenis makhluk laut, mulai dari ikan kecil hingga mamalia laut besar seperti lumba-lumba dan paus. Keanekaragaman hayati yang tinggi membuat zona ini menjadi tempat penting bagi ikan-ikanan dan kehidupan laut lainnya.

Fitoplankton yang tumbuh di zona epipelagik merupakan dasar dari rantai makanan laut, yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem laut secara keseluruhan. Ikan-ikan kecil dan hewan-hewan laut lainnya memakan fitoplankton ini, sementara hewan-hewan predator yang lebih besar memangsa mereka sebagai bagian dari rantai makanan.

Zona epipelagik juga merupakan tempat penting bagi manusia, karena banyak spesies ikan yang merupakan sumber daya penting bagi perikanan komersial dan merupakan sumber protein bagi masyarakat di seluruh dunia. Selain itu, zona ini juga menjadi fokus untuk penelitian ilmiah dan konservasi, karena perannya yang penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut global.

By admin

Related Post

One thought on “Zona Epipelagik”
  1. […] Zona Epipelagik: Ikan cakalang biasanya hidup di zona epipelagik, yang merupakan lapisan teratas dari perairan laut. Mereka sering berenang di dekat permukaan laut, terutama di malam hari untuk mencari makanan. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *