13
May
2024
0

Perairan Payau

Perairan payau adalah jenis perairan yang memiliki tingkat salinitas yang lebih tinggi daripada air tawar, tetapi lebih rendah daripada air laut. Ini biasanya terjadi di daerah di mana air tawar dari sungai bertemu dengan air laut, seperti estuari, muara sungai, atau daerah pesisir yang terpengaruh oleh pasang surut.

Kondisi perairan payau dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti curah hujan, tinggi pasang surut, dan arus laut. Lingkungan ini menciptakan habitat unik yang mendukung kehidupan berbagai jenis organisme, termasuk ikan, kerang, krustasea, dan tanaman air yang mampu bertahan dalam kondisi salinitas yang berfluktuasi.

Beberapa daerah di Indonesia, termasuk Kalimantan, memiliki perairan payau yang penting secara ekologis dan ekonomis. Perairan ini sering menjadi tempat berkembangbiak bagi banyak spesies ikan dan hewan air lainnya, serta menjadi sumber daya bagi masyarakat setempat yang bergantung pada hasil tangkapan ikan dan kegiatan ekonomi lainnya yang terkait dengan perairan tersebut.

You may also like

Habitat Mangroove
Perairan Dangkal

1 Response

  1. Pingback : Habitat ikan bandeng

Leave a Reply