Perairan dangkal adalah area perairan yang memiliki kedalaman yang relatif rendah, biasanya tidak lebih dari beberapa meter. Wilayah ini mencakup zona pantai, muara sungai, laguna, dan sebagainya. Karena kedalaman yang dangkal, cahaya matahari bisa menembus hingga dasar perairan, mendukung kehidupan tanaman air dan organisme laut lainnya.

Perairan dangkal menjadi habitat bagi berbagai jenis organisme laut, termasuk ikan, moluska, krustasea, dan tanaman laut. Mereka juga sering menjadi tempat berkembang biak bagi berbagai spesies, terutama ikan dan hewan-hewan air lainnya.

Perairan dangkal memiliki peran penting dalam ekosistem laut, baik sebagai tempat berkembang biak bagi berbagai spesies laut maupun sebagai sumber makanan bagi hewan-hewan yang tinggal di dalamnya. Selain itu, lokasi ini juga penting bagi manusia karena sering digunakan untuk kegiatan seperti berenang, snorkeling, memancing, dan olahraga air lainnya.

Namun, perairan ini juga rentan terhadap kerusakan dan gangguan lingkungan, terutama akibat aktivitas manusia seperti polusi, penangkapan ikan yang berlebihan, dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, perlindungan dan konservasi perairan dangkal sangat penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem laut dan memastikan keberlangsungan hidup berbagai spesies yang bergantung padanya.

By admin

One thought on “Perairan Dangkal”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *