Pola tidur ikan kerapu tidak sepenuhnya dipahami seperti pola tidur mamalia, tetapi mereka memang menunjukkan periode istirahat dan aktivitas yang bervariasi tergantung pada spesies dan lingkungan.
Ikan kerapu sering beristirahat di tempat-tempat perlindungan seperti celah-celah batu, gua, atau di antara terumbu karang. Lokasi ini memberikan perlindungan dari predator dan arus yang kuat. Selama periode istirahat, kerapu biasanya diam dan tidak bergerak, yang membantu mereka menghemat energi dan mengurangi risiko deteksi oleh predator.Selama istirahat, kerapu mungkin mengalami penurunan aktivitas metabolik untuk menghemat energi. Ini mirip dengan “tidur” pada hewan darat meskipun tidak melibatkan pola tidur yang sama.

Pola aktivitas kerapu bisa berbeda tergantung pada spesies dan lingkungan mereka. Beberapa spesies lebih aktif berburu pada malam hari (nokturnal), sementara yang lain lebih aktif pada siang hari (diurnal).
Siklus siang-malam mempengaruhi ritme aktivitas dan istirahat kerapu. Mereka mungkin lebih aktif selama senja atau fajar ketika banyak mangsa mereka juga aktif.


Ikan kerapu menunjukkan periode istirahat yang penting untuk menghemat energi dan menghindari predator. Mereka biasanya beristirahat di tempat perlindungan yang aman, mengurangi aktivitas fisik dan metabolik selama periode ini. Pola aktivitas mereka dipengaruhi oleh siklus siang-malam, spesies, dan kondisi lingkungan. Meskipun istilah “tidur” mungkin tidak sepenuhnya cocok untuk ikan seperti kerapu, mereka jelas memiliki mekanisme istirahat yang vital untuk kelangsungan hidup dan efisiensi sebagai predator laut.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *